Kamis, 05 April 2012

Istri-istri Rosulullah SAW.


ISTRI-ISTRI ROSULULLAH SAW.
1.      Ummahaatulmu’minin/ Istri-istri Rosulullah
  Istri Rosulullah semunya berjumlah sebelas orang, ketika wafat beliau meninggalkan sembilan istri karena dua orang istri yaitu Siti Khodijah binti Khuwailid ra. dan Sayyidah Zainab binti Khuzaimah ra.  wafat ketika Rosulullah masih hidup. Di dalam Al-Quran Istri-istri Nabi dipanggil sebagai Ibunya Mu’minin (Ummahaatulmu’minin), mereka adalah :
1.    Sayidah Khodijah binti Khuwailid ra.
Beliau adalah istri pertama Rosul, keturunan bangsawan Quraisy ayahnya adalah khuwaid bin Asad bin Abdul ‘Uzza bin Qushay, Janda Abu Haalah bin Zararah ini dinikahi Oleh Rosulullah pada usia 40 tahun dan Rosulullah berusia 25 tahun, dari siti khodijah Rosulullah diberkahi enam (6) putra/putri.
2.    Sayidah Saudah binti Zam’ah ra.
Beliau adalah janda Sakran bin Amr Al-Anshory yang meninggal dunia setelah pulang dari hijrah ke habsyah yang kedua, setelah ditinggal suaminya beliau hidup sendirian, tidak ada yang menanggung kehidupannya, dinikahi oleh Rosulullah setelah wafatnya Siti Khodijah.
3.    Sayidah Aisyah binti Abi Bakr Ash-Shiddiq ra.
Siti Aisyah binti Abi Bakr Ash-Shidiq (Abdullah bin Quhafah) adalah satu-satunya istri Rosulullah yang Gadis, nasab Siti Aisyah dengan Rosulullah bertemu pada Murrah bin Ka’ab.
4.    Sayidah Hafshoh binti Umar ra.
Sayidah Hafshoh bin Umar bin Khottob adalah janda Khunais bin Hudzafah Al-Anshori yang mati Syahid pada perang Badr.
5.    Sayidah Zainab binti Jahsyn Al-Asadiyah ra.
Sayidah Zainab binti Jahsyn Al-Asadiyah adalah seorang putri paman Rosulullah yang pernah dinikahi oleh Zaid bin Haritsah, Zaid bin Haritsah adalah anak angkatnya Rosulullah.
6.    Sayidah Zainab binti Khuzaimah ra.
Beliau adalah janda ‘Ubaidah bin Al-Harits bin Abdi Al-Muttholib ra, seorang Sahabat yang mati syahid pada perang badr,  dinikahi oleh Rosulullah setelah Sayidah Hafsoh bin Umar ra.
7.    Sayidah Ummu Salamah (Hindun binti Umayah Al-Makhzumiyah) ra.
Beliau adalah janda Abdullah bin Abdi Al-Asad seorang sahabat yang termasuk golongan Assabiquna Al-Awwalun (Orang yang termasuk golongan pertama masuk Islam), dan hijrah ke Habsyah.
8.    Sayidah Ummu Habibah (Romlah binti Abi Sufyan) ra.
Pada tahun ketujuh hijrah Rosulullah menikah dengan sayidah Ummu Habibah (Romlah binti Abi Sufyan), beliau adalah janda Ubaidillah bin Jahsyin.
9.    Sayidah Maimunah binti Al-Harist Al-Hilaliyah ra.
Nama Aslinya adalah Barrah, Rosulullah menggantinya dengan Maimunah, beliau adalah janda Abu Rohm Bin Abdi Al-Uzza.
10.     Sayidah Juwairiyah binti Al-Harist bin Dhiror ra.
Beliau adalah janda Musaafi’ bin Sofwan Keturunan Bani Mushtholiq.
11.     Sayidah Shofiyah binti Huyaiy bin Akhthob ra.
Beliau adalah keturunan bani Quraidoh, dia tertawan setelah terbunuh suaminya pada perang khoibar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar