Senin, 18 Juni 2012

PERBUP KAB.BANDUNG NO,34 TAHUN 2010 TENTANG WAJAR DINIYAH TAKMILIYAH (Bag.I)


BERITA DAERAH
KABUPATEN BANDUNG















NOMOR 34 TAHUN 2010

PERATURAN BUPATI BANDUNG

NOMOR   34   TAHUN 2010

TENTANG

PETUNJUK PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH NOMOR 7 TAHUN 2008
TENTANG WAJIB BELAJAR DINIYAH TAKMILIYAH

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

BUPATI BANDUNG

Menimbang              :  a.    bahwa    pengaturan     tentang     Wajib    belajar    Diniyah     takmiliyah    di
Kabupaten   Bandung   telah   diatur   melalui   Peraturan   Daerah   Kabupaten
Bandung Nomor 7 tahun 2008 tentang Wajib Belajar Diniyah Takmiliyah;

b.   bahwa  sebagai   landasan  operasional   atas   Peraturan  Daerah  dimaksud
diperlukan    Petunjuk    pelaksanaan   sebagai    instrument    pengendalian
penyelenggaraan   berupa   pedoman   untuk   penyusunan   rencana   yang
lebih  rinci/detail  dan  sebagai  panduan  teknis  penyelenggaraan  Diniyah
Takmiliyah di Kabupaten Bandung;

c.     bahwa  berdasarkan  pertimbangan  sebagaimana  dimaksud  pada  huruf  a
dan  huruf  b,  perlu  menetapkan  Petunjuk  Pelaksanaan  Peraturan  Daerah
Nomor  7  Tahun  2008  Tentang  Wajib  Belajar  Diniyah  Takmiliyah  dengan
Peraturan Bupati.

Mengingat :                   1.    Undang-Undang   Republik   Indonesia   Nomor   14   Tahun   1950  tentang
Pemerintahan  Daerah  Kabupaten  Dalam  Lingkungan  Jawa  Barat  (Berita
Negara  Tahun  1950)  sebagaimana  telah  diubah  dengan  Undang-Undang
Nomor  4  Tahun  1968  tentang  Pembentukan  Kabupaten  Purwakarta  dan
Kabupaten   Subang    dengan    mengubah   Undang–Undang    Nomor   14
Tahun   1950   tentang   Pembentukan   Daerah-daerah   Kabupaten   Dalam
Lingkungan  Propinsi  Jawa  Barat  (Lembaran  Negara  Republik  Indonesia
Tahun  1968  Nomor  31,  Tambahan  Lembaran  Negara  Republik  Indonesia
Nomor 2851);

2.   Undang      undang   Nomor   20   Tahun   2003   tentang   Sistem   Pendidikan
Nasional   (    Lembaran   Negara    Tahun    2003,    Nomor   78,    Tambahan
Lembaran Negara Nomor 4301);





3.   Undang        undang    Nomor   10    Tahun    2004    tentang    Pembentukan
Peraturan   Perundang      undangan    (   Lembaran  Negara   Tahun    2004
Nomor 53, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4389);



2


4.   Undang-undang   Nomor   32  Tahun  2004  tentang   Pemerintahan  Daerah
(Lembaran   Negara    Republik    Indonesia    Tahun     2004    Nomor    125,
Tambahan    Lembaran    Negara     Republik     Indonesia     Nomor    4437)
sebagaimana   telah   beberapa  kali    diubah   terakhir    dengan   Undang-
undang  Nomor  12  Tahun  2008  tentang  Perubahan  kedua  atas  Undang-
undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran
Negara  Tahun  2008  Nomor  59,  Tambahan  Lembaran  Negara  Taun  2008
Nomor 4884);

5.   Peraturan  Pemerintah  Nomor  28  Tahun  1990  tentang  Pendidikan  Dasar  (
Lembaran  Negara  Tahun  1990  Nomor  36,  Tambahan  Lembaran  Negara
Nomor  3412  )  sebagaimana  telah  diubah  dengan  Peraturan  Pemerintah
Nomor   56   Tahun   1998   (   Lembaran   Negara   Tahun   1998   Nomor   91,
Tambahan Lembaran Negara Nomor 3764);

6.   Peraturan    Pemerintah    Nomor   29    Tahun    1990    tentang    Pendidikan
Menengah   (   Lembaran   Negara   Tahun    1990    Nomor   37,    Tambahan
Lembaran   Negara   Nomor   3413   )   sebagaimana   telah   diubah   dengan
Peraturan  Pemerintah  Nomor  55  Tahun  1998  (  Lembaran  Negara  Tahun
1998 Nomor 90, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3763);

7.   Peraturan   Pemerintah   Nomor   39    Tahun    1992    tentang   Peran   Serta
Masyarakat  dalam  Pendidikan  Nasional  (  Lembaran  Negara  Tahun  1992
Nomor 69, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3485);

8.   Peraturan  Pemerintah  Nomor  19  Tahun  2005  tentang  Standar  Nasional
Pendidikan   (   Lembaran  Negara   Tahun   2005    Nomor   41,   Tambahan
Lembaran Negara Nomor 4496 );

9.   Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 Tentang Pembagian Urusan
Pemerintahan   Antara   Pemerintah,   Pemerintahan   Daerah   Provinsi,   dan
Pemerintahan    Daerah    Kabupaten/Kota  (Lembaran   Negara    Republik
Indonesia  Tahun  2007  Nomor  82,  Tambahan  Lembaran  Negara  Republik
Indonesia Nomor 4737);

10.Peraturan  Pemerintah  Nomor  55  Tahun  2007  Tentang  Pendidikan  Agama
dan    Pendidikan    Keagamaan   (Lembaran   Negara   Republik   Indonesia
Tahun     2007    Nomor    124,     Tambahan    Lembaran    Negara    Republik
Indonesia Nomor 4769);

11.Peraturan  Pemerintah  Nomor  6  Tahun  2008  Tentang  Pedoman  Evaluasi
Penyelenggaraan   Pemerintahan   Daerah   (Lembaran  Negara   Republik
Indonesia  Tahun  2008  Nomor  19,  Tambahan  Lembaran  Negara  Republik
Indonesia Nomor 4815);

12.Peraturan   Pemerintah   Nomor   47   Tahun   2008   Tentang   Wajib   Belajar
(Lembaran    Negara    Republik    Indonesia    Tahun     2008     Nomor    90,
Tambahan Lembaran Negara Republik  Indonesia Nomor 4863);

13.Keputusan  Presiden  Nomor  49  tahun  2002  tentang  Kedudukan,  Tugas
Fungsi,  Susunan  Organisasi  dan  Tata  Kerja  Instansi  Vertikal  Departemen
Agama;







14.Peraturan   Menteri   Agama   Nomor   03   Tahun   1983   tentang   Kurikulum
Madrasah Diniyah;



3


15.Peraturan   Daerah   Kabupaten   Bandung   Nomor   6   Tahun   2004   tentang
Transparansi   dan   Partisipasi   Dalam   Penyelenggaraan   Pemerintahan   di
Kabupaten Bandung (Lembaran Daerah Tahun 2004 Nomor 29 Seri D);

16.Peraturan  Daerah  Kabupaten  Bandung  Nomor  17  Tahun  2007  tentang
Urusan      Pemerintahan      Kabupaten     Bandung      (Lembaran     Daerah
Kabupaten Bandung Tahun 2007 Nomor 17);

17.Peraturan  Daerah  Kabupaten  Bandung  Nomor  20  Tahun  2007  tentang
Pembentukan  Organisasi  Dinas  Daerah  Kabupaten  Bandung  (  Lembaran
Daerah Tahun 2007 Nomor 20 );

18.Peraturan   Daerah   Kabupaten   Bandung   Nomor   7   Tahun   2008   tentang
Wajib  Belajar  Diniyah  Takmiliyah   (Lembaran  Daerah  Tahun  2008  Nomor
7);

19.Peraturan  Daerah  Kabupaten  Bandung  Nomor  26  Tahun  2009  tentang
Penyelenggaraan  Sistem  Pendidikan  di  Kabupaten  Bandung  (Lembaran
Daerah Tahun 2009 Nomor 26);


MEMUTUSKAN:

Menetapkan             :  PERATURAN            BUPATI           BANDUNG           TENTANG           PETUNJUK
PELAKSANAAN     PERATURAN     DAERAH     NOMOR     7    TAHUN     2008
TENTANG WAJIB BELAJAR DINIYAH TAKMILIYAH

BAB I
KETENTUAN UMUM
Pasal 1

Dalam Peraturan Daerah ini yang dimaksud dengan :
1.     Pemerintah  Pusat  selanjutnya  disebut  Pemerintah  adalah,  Presiden  Republik  Indonesia  yang
memegang   kekuasaan   pemerintahan   negara   Republik   Indonesia   sebagaimana   dimaksud
dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik  Indonesia Tahun 1945.
2.     Daerah adalah Kabupaten Bandung.
3.     Pemerintah Daerah adalah Pemerintah Kabupaten Bandung.
4.     Bupati adalah Bupati Bandung.
5.     Dewan    Perwakilan    Rakyat   Daerah    yang    selanjutnya    disingkat    DPRD    adalah    Dewan
Perwakilan Rakyat  Daerah Kabupaten Bandung.
6.     Kantor  Departemen  Agama  yang  selanjutnya  disebut  Kandepag  adalah  Kantor  Departemen
Agama Kabupaten Bandung.
7.     Dinas adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung.
8.     Penyelenggara    Diniyah     Takmiliyah    yang    selanjutnya    disebut    Penyelenggara    adalah
Organisasi, Lembaga Masyarakat,  Pemerintah Daerah atau Pemerintah.
9.     Wajib   Belajar   adalah   Program   Pendidikan   minimal   yang   seharusnya   diikuti   oleh   Warga
Negara Indonesia atas tanggung jawab Pemerintah dan Pemerintah Daerah.





10.   Diniyah    Takmiliyah    adalah    satuan    Pendidikan    Keagamaan   Islam    Non    Formal    yang
menyelenggarakan   Pendidikan   Agama   Islam   sebagai   pelengkap   pengajaran   pada   setiap
jenjang pendidikan.
11.   Peserta Didik adalah anak  usia sekolah pada setiap jenjang pendidikan.
12.   Pendidikan   dan    Tenaga    Kependidikan   adalah    anggota    masyarakat   yang    mempunyai
kompetensi   membimbing,   mengajar   dan   atau   melatih   peserta   didik   yang   diangkat   oleh
penyelenggara pendidikan.
13.   Kualifikasi  akademik  adalah  tingkat  pendidikan  minimal  yang  harus  dipenuhi  oleh  seorang
pendidik.

4



14.   Kurikulum   adalah   seperangkat   rencana   dan   pengaturan   mengenai   tujuan,   isi   dan   bahan
pelajaran     serta     cara     yang     digunakan     sebagai    pedoman   peyelenggaraan    kegitan
pembelajaran untuk  mencapai tujuan pendidikan tertentu.


15.   Kompetensi lulusan    merupakan   pengetahuan,   keterampilan,  sikap   dan   nilai-nilai    yang
direfleksikan   dalam   kebiasaan   berfikir   dan   bertindak   setelah   siswa   menyelesaikan   suatu
jenjang    pendidikan   tertentu.   Kompetensi  lulusan    ini    pun   merupakan   batas   dan   arah
kompetensi  yang  harus  dimiliki  dan  dapat  dilakukan  oleh  siswa  setelah  mengikuti  proses
pembelajaran tertentu.




BAB II
MASA PENDIDIKAN DINIYAH TAKMILIYAH
Bagian Kesatu
DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH
Paragraf 1
Pengertian Diniyah Takmiliyah Awaliyah
Pasal 2

Diniyah   Takmiliyah   Awaliyah   adalah    suatu    pendidikan   keagamaan   Islam   nonformal   yang
menyelenggarakan  pendidikan   agama   Islam   sebagai   pelengkap   bagi   siswa   Sekolah   Dasar
(SD/Sederajat),  yang  menyelenggarakan  pendidikan  agama  Islam  tingkat  dasar  dengan  masa
belajar 4 (empat) tahun ,  dan jumlah jam belajar minimal 18 jam pelajaran seminggu.

Paragraf 2
Kedudukan Diniyah Takmiliyah Awaliyah
Pasal 3

Diniyah    Takmiliyah   Awaliyah    berkedudukan    sebagai   suatu    pendidikan    keagamaan   Islam
nonformal   di   lingkungan   Kementerian   Agama,   berada   didalam   pembinaan   dan   bertanggung
jawab  kepada  Kepala  Kantor  Kementerian  Agama  Kabupaten/Kota,  dalam  hal  ini  Kepala  Seksi
Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren,  atau tingkat organisasi sejenis.

Paragraf 3
Tujuan dan Fungsi Diniyah Takmiliyah Awaliyah
Pasal 4








(1)      Tujuan Pendidikan Madrasah Diniyah adalah untuk :

a.     Memberikan  bekal  kemampuan  dasar  kepada  warga  belajar  untuk  mengembangkan
kehidupan sebagai :

1.  Warga muslim yang beriman,  bertaqwa dan beramal saleh serta berakhlak  mulia;

2.  Warga  Negara  Indonesia  yang  berkepribadian,  percaya  pada  diri  sendiri,serta  sehat
jasmani dan rohani;

b.     Membina   warga    belajar    agar    memiliki    pengalaman,   pengetahuan,   keterampilan
beribadah dan sikap terpuji yang berguna bagi pengembangan pribadinya.

c.      Mempersiapkan  warga  belajar  untuk  dapat  mengikuti  pendidikan  agama  Islam  pada
Diniyah Takmiliyah Wustha.


5


(2)      Diniyah Takmiliyah Awaliyah mempunyai fungsi :

a.     Menyelenggarakan   pendidikan   agama   Islam  yang   meliputi   Al-Qur’an-Hadits,   Tajwid,
Aqidah-Akhlak,   Fiqih   Ibadah,   Sejarah   Kebudayaan   Islam,   Bahasa   Arab   dan   Praktek
Ibadah;

b.     Memenuhi  kebutuhan  masyarakat  akan  tambahan  pendidikan  agama  Islam  terutama
bagi siswa yang belajar di Sekolah Dasar/SD/pendidikan sederajat;

c.      Memberikan bimbingan dalam pelaksanaan pengalaman ajaran Islam;

d.     Membina hubungan kerja sama dengan orang tua warga belajar dan masyarakat;

e.     Melaksanakan tata usaha dan rumah tangga pendidikan serta perpustakaan.



Bagian Kedua
DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHA
Paragraf Kesatu
Pengertian Diniyah Takmiliyah Wustha
Pasal 5


Diniyah    Takmiliyah    Wustha   adalah    suatu    pendidikan    keagamaan   Islam   nonformal   yang
menyelenggarakan  pendidikan  agama  Islam  sebagai  pelengkap  bagi  siswa  Sekolah  Menengah
Pertama  (SMP/Sederajat),  yang  menyelenggarakan  pendidikan  agama  Islam  tingkat  menengah
pertama    sebagai    pengembangan    pengetahuan    yang    diperoleh    pada    Madrasah    Diniyah
Takmiliyah  Awaliyah,  masa  belajar  2  (dua)  tahun  dengan  jumlah  jam  pelajaran  minimal  18  jam
pelajaran seminggu.

Paragraf Kedua
Kedudukan Diniyah Takmiliyah Wustha
Pasal 6





Diniyah Takmiliyah Wustha berkedudukan sebagai suatu pendidikan keagamaan Islam nonformal
di  lingkungan  Kementerian  Agama,  yang  berada  didalam  pembinaan  dan  bertanggung  jawab
kepada   Kepala   Kantor   Kementerian   Agama   Kabupaten/Kota,  dalam    hal    ini    Kepala   Seksi
Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren/TOS.

Paragraf Ketiga
Tujuan dan Fungsi Diniyah Takmiliyah Wustha
Pasal 7

(1)   Tujuan Diniyah Takmiliyah Wustha adalah untuk :
a.  Melanjutkan  dan  meluaskan  pendidikan  dasar  agama  Islam  yang  diperoleh  pada  Diniyah
Takmiliyah Awaliyah kepada warga belajar untuk mengembangkan kehidupan sebagai :
1.  Pribadi muslim yang beriman,  bertaqwa dan beramal saleh serta berakhlak  mulia;
2.  Warga  Negara  Indonesia  yang  berkepribadian,  percaya  pada  diri  sendiri,serta  sehat
jasmani dan rohaninya;
b.  Membina    warga     belajar    agar     memiliki    pengalaman,    pengetahuan,    keterampilan
beribadah dan sikap terpuji yang berguna bagi pengembangan pribadinya.
c.   Membina  warga  belajar  agar  memiliki  kemampuan  untuk  melaksanakan  tugas  hidupnya
dalam  masyarakat  dan  berbakti  kepada  Allah  SWT  guna  mencapai  kebahagiaan  dunia
dan akhirat.
d.  Mempersiapkan   warga   belajar   untuk   dapat   mengikuti   pendidikan   agama   Islam   pada
Diniyah Takmiliyah Ulya.

6


(2)   Diniyah Takmiliyah Wustha mempunyai fungsi :
a.  Menyelenggarakan   pendidikan   agama   Islam   lanjutan   yang   terdiri   dari Hadits,   Tafsir,
Terjemahan,  Aqidah-Akhlak,  Fiqih,  Sejarah  Kebudayaan  Islam,  Bahasa  Arab  dan  Praktek
Ibadah;
b.  Memenuhi   kebutuhan   masyarakat   akan   tambahan   pendidikan   agama   Islam   terutama
bagi siswa yang belajar pada Sekolah Menengah Pertama (SMP)/pendidikan sederajat;
c.   Memberikan bimbingan dalam pelaksanaan pengalaman ajaran Islam;
d.  Membina hubungan kerja sama dengan orang tua warga belajar dan masyarakat;
e.  Melaksanakan tata usaha dan rumah tangga pendidikan serta perpustakaan.


Bagian Ketiga
DINIYAH TAKMILIYAH ULYA
Paragraf Kesatu
PENGERTIAN DINIYAH TAKMILIYAH ULYA
Pasal 8

Diniyah     Takmiliyah    Ulya     adalah     suatu     pendidikan    keagamaan    Islam    nonformal    yang
menyelenggarakan  pendidikan  agama  Islam  sebagai  pelengkap  bagi  siswa  Sekolah  Menengah
Atas  (SMA/Sederajat),  yang  menyelenggarakan  pendidikan  agama  Islam  tingkat  menengah  atas
dengan   melanjutkan   dan   mengembangankan   pendidikan   agama   Islam                                                                                                                                                                   yang   diperoleh   pada
jenjang   Diniyah   Takmiliyah   Wustha,   masa   belajar   2   (dua)   tahun   dengan   jumlah   jam   belajar
minimal 18 jam pelajaran seminggu.

Paragraf Kedua
KEDUDUKAN DINIYAH TAKMILIYAH ULYA
Pasal 9





Diniyah  Takmiliyah  Ulya  berkedudukan  sebagai  suatu  pendidikan  keagamaan  Islam  nonformal  di
lingkungan   Kementerian   Agama,   yang   berada   didalam   pembinaan   dan   bertanggung   jawab
kepada  Kepala   Kantor   Kementerian   Agama   Kabupaten/Kota, dalam   hal   ini    Kepala   Bidang
Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren/TOS

Paragraf Ketiga
TUJUAN DAN FUNGSI DINIYAH TAKMILIYAH ULYA
Pasal 10

(1)      Diniyah  Takmiliyah  Ulya  bertujuan  untuk  meningkatkan  pengetahuan  warga  belajar,  secara
lebih luas dan mendalam,  untuk  mengembangkan kehidupannya sebagai :
a.     Pribadi muslim yang beriman,  bertaqwa dan beramal saleh serta berakhlak  mulia;
b.     Warga  Negara  Indonesia  yang  berkepribadian,  percaya  pada  diri  sendiri,serta  sehat
jasmani    dan     rohaninya.    Membina    warga     belajar    agar     memiliki    pengalaman,
pengetahuan yang berguna bagi pengembangan pribadinya.
c.      Memiliki   kemampuan   untuk   melaksanakan   tugas   hidupnya   dalam   masyarakat   dan
berbakti kepada Allah SWT  guna mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
d.     Mempersiapkan  warga  belajar  untuk  dapat  mengikuti  pendidikan  agama  Islam  pada
jenjang selanjutnya.





7


(2)      Diniyah Takmiliyah Ulya mempunyai fungsi :
a.     Menyelenggarakan    pendidikan     agama    Islam    sebagai    lanjutan     perluasan     dan
pendalaman   materi-materi   yang   diperoleh   pada   Diniyah   Takmiliyah   Wustha   dari
Qur’an-Hadits   (   Tafsir-Ilmu   Tafsir,   Hadits-Ilmu   Hadits),   Aqidah-Akhlak,   Fiqih,   Ushul
Fiqih,  Sejarah Kebudayaan Islam,  Bahasa Arab dan Praktek  Ibadah;
b.     Memenuhi  kebutuhan  masyarakat  akan  tambahan  pendidikan  agama  Islam  terutama
bagi   siswa   yang    belajar   pada   Sekolah   Menengah   Atas   (SMA)/pendidikan   yang
sederajat;
c.      Memberikan    bimbingan    dan     pembinaan    dalam    pelaksanaan    pengalaman    dan
pendalaman   ajaran agama Islam;
d.     Membina hubungan kerja sama dengan orang tua warga belajar dan masyarakat;
e.     Melaksanakan tata usaha dan rumah tangga pendidikan serta perpustakaan.


BAB III
PERSYARATAN PENDIRIAN DINIYAH TAKMILIYAH
Pasal 11

Syarat-syarat  pendirian Diniyah Takmiliyah adalah sebagai berikut :
1.     Tersedia Tenaga Kependidikan meliputi :
a.  Kepala Diniyah Takmiliyah.
b.  Guru mata pelajaran,  minimal 2 (dua) orang.
c.   Tenaga Administrasi,  minimal 1 (satu) orang.
2.     Tersedia tempat  kegiatan belajar dan kelengkapannya.
3.     Tersedia calon warga belajar sekurang-kurangnya  10 orang.
4.     Bersedia    dan     sanggup    melaksanakan   Diniyah     Takmiliyah    dibuktikan    dengan     surat
pernyataan Kepala Diniyah Takmiliyah.

BAB IV
MEKANISME PENYELENGGARAAN DINIYAH TAKMILIYAH





Pasal 12


Mekanisme  penyelenggaraan  Diniyah  Takmiliyah  yang  dilaksanakan  Kantor  Kementerian  Agama
Kabupaten/Kota selaku penerbit  izin adalah melalui tahapan sebagai berikut:

a.     Kepala Diniyah Takmiliyah yang bersangkutan mendaftarkan diri kepada Kantor Kementerian
Agama  Kabupaten/Kota  untuk  menyelenggarakan  pendidikan,  sesuai  dengan  syarat-syarat
sebagaimana diatur dalam pasal 11 dan disertai pula dengan:.

1.  Nama Kepala Diniyah Takmiliyah;

2.  Tingkat Diniyah Takmiliyah yang diselenggarakan;

3.  Nama siswa,  minimal 10 orang;

4.  Nama   guru   mata   pelajaran,   minimal   2   (dua)   orang;   yang   akan   mengajar   Al-Qur’an-
Hadits, Aqidah- Akhlak,  Fiqih-Ibadah,  Sejarah Kebudayaan Islam,  dan Bahasa Arab;

5.  Nama tenaga administrasi,  minimal 1 (satu) orang;

6.  Sarana berupa ruangan untuk  kegiatan belajar mengajar dan peralatan pembelajaran.




8


b.     Berdasarkan  pendaftaran  tersebut,  Kantor  Kementerian  Agama  Kabupaten/Kota  dalam  hal
ini  Seksi  Pendidikan  Keagamaan  dan  Pondok  Pesantren/TOS  setempat  melakukan  verifikasi
ke lokasi Diniyah Takmiliyah yang bersangkutan.

c.     Setelah   melakukan   verifikasi   ke   lokasi   Diniyah  Takmiliyah  dan   dianggap   telah   memenuhi
persyaratan,   maka   pihak    Kantor   Kementerian    Agama   Kabupaten/Kota  mengeluarkan
Keputusan tentang penetapan pendirian Diniyah Takmiliyah Awaliyah dan  Diniyah Takmiliyah
Wustha  dan  Piagam  Penyelenggaraan  Diniyah  Takmiliyah,  berikut  nomor  Statistik  Diniyah
Takmiliyah    yang    bersangkutan.   Khusus    Diniyah    Takmiliyah    Ulya    Keputusan    tentang
penetapan   pendirian,   piagam   penyelenggaraan   dan   nomor   statistic   oleh   Kantor   Wilayah
Kementerian Agama Provinsi.

d.     Penetapan   pendirian   Diniyah   Takmiliyah   dilaporkan   kepada   Kantor   Kementerian   Agama
Provinsi setempat dan Kementerian Agama Pusat.



BAB V
KURIKULUM, KOMPETENSI LULUSAN,
PROSES BELAJAR MENGAJAR DAN PENILAIAN





DINIYAH TAKMILIYAH
Bagian Pertama
KURIKULUM DINIYAH TAKMILIYAH
Paragraf 1
Jenis Kurikulum Diniyah Takmiliyah
Pasal 13


(1)         Kurikulum   Diniyah   Takmiliyah   yang   berlaku   sekarang   ini   adalah   kurikulum   Madrasah   Diniyah
Tahun  1983  yang  diadaptasi  dengan  Kurikulum  Tingkat  Satuan  Pendidikan  (KTSP),  sebagaimana
kurikulum   yang   diberlakukan   secara   nasional   di   berbagai   lembaga   pendidikan   di   Indonesia.
Kurikulum  model  ini  sangat  relevan  dengan  semangat  pembelajaran  yang  terjadi  pada  diniyah
takmiliyah di berbagai daerah.
(2)         Kurikulum Diniyah Takmiliyah ini disusun sesuai dengan jenjang pendidikan yang ada yaitu :
a.  Kurikulum   Diniyah   Takmiliyah   Awaliyah   dengan   masa   belajar   4   tahun   dari   kelas   1
sampai  dengan  kelas  4  dengan  jumlah  jam  belajar  masing-masing  minimal  18  jam
pelajaran dalam seminggu;
b.  Kurikulum   Diniyah   Takmiliyah   Wustha   dengan   masa   belajar   2   tahun   dari   kelas   1
sampai  dengan  kelas  2  dengan  jumlah  jam  belajar  masing-masing  minimal  18  jam
pelajaran dalam seminggu;
c.   Kurikulum  Diniyah  Takmiliyah  Ulya  dengan  masa  belajar  2  tahun  dari  kelas  1  sampai
dengan  kelas  2  dengan  jumlah  jam  belajar  masing-masing  minimal  18  jam  pelajaran
dalam seminggu.
9


Paragraf 2
Susunan Program Kurikulum Diniyah Takmiliyah
Pasal 14


(1)         Susunan   Program   Kurikulum   Diniyah   Takmiliyah   adalah  kerangka   umum   program   pengajaran
yang akan diberikan pada tiap tingkat dan jenjang pendidikan pada Diniyah Takmiliyah.
(2)         Susunan program kurikulum tersebut  mencakup beberapa bagian berikut :
a.  Jenis-jenis   program   yang   akan   diselenggarakan   di    Diniyah   Takmiliyah   Awaliyah,
Wustha dan Ulya;
b.  Perbandingan    frekuensi    yang    diberikan    kepada    masing-masing    jenis    program
pengajaran dan waktu kegiatan yang disediakan untuk setiap minggu;
c.   Frekuensi  kegiatan  untuk  setiap  bidang  studi  atau  mata  pelajaran  dari  tingkat  yang
satu ke tingkat berikutnya;
d.  Jenis-jenis bidang studi atau mata pelajaran yang diselenggarakan.
(3)         Tujuan penyusunan program kurikulum adalah guru mata pelajaran yang memahami:
a.  Kedudukan   masing-masing   mata   pelajaran   dalam    keseluruhan   program   Diniyah
Takmiliyah;





b.  Waktu  yang  disediakan  untuk  penyelenggaraan  Program  pembelajaran  tersebut  pada
setiap minggu,  semester atau setahun.
(4)          Struktur   program   untuk   setiap   jenis   dan   jenjang   pendidikan   pada   Diniyah   Takmiliyah   dapat
dijelaskan sebagai berikut  :


Kurikulum Diniyah Takmiliyah Awaliyah dan Wustha


J
E
N
J
A
N
G

K
E
L
A
S
D
I
N
I
Y

NO                  BIDANG STUDI






DINIYAH TAKMILYAH
AWALIYAH

A
H

T
A
K
M
I
L
Y
A
H

W
U
S
T
H
A

I

II

II

IV

I

II

01.




02.
03.
04.
05.
06.

Qur’an  Hadits
a.   Qur’an
b.   Hadits
c.   Terjemah-Tafsir
d.   Tajwid
Aqidah  Akhlak
Fiqih- Ibadah
Sejarah Kebudayaan Islam
Bahasa Arab
Praktek Ibadah

4
(4)
-
-
-
4
4
2
2
2

4
(4)
-
-
-
4
4
2
2
2

8
(2)
(2) (2)
(2)
2
2
2
2
2

8
(2)
(2) (2)
(2)
2
2
2
2
2

8
(2)
(4)
(2)
-
2
2
2
2
2

8
(2)
(4)
(2)
-
2
2
2
2
2


Jumlah                                                      18            18            18             18                  18                   18





10


Kurikulum Diniyah Takmiliyah Ulya
KE
TE


NO                  BIDANG STUDI

KELAS

RA
N
G

AN
I                             II


01.


02.
03.
04.
05.
06.
07.
08.

Qur’an  Hadits
a.   Tafsir  Ilmu Tafsir
b.   Hadits  Ilmu Hadits
Akhlak  Ilmu Tauhid
Fiqih
Ushul Fiqih
Sejarah Kebudayaan Islam
Perbandingan Agama
Bahasa Arab
Praktek Ibadah

4
(2)
(2)
2
4
-
2
-
4
2

4
(2)
(2)
2
2
2
-
2
4
2


Jumlah
Keterangan :
I.   Satu jam pelajaran berarti ;
1.  Kelas I Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA) 30 menit
2.  Kelas II s.d.IV Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA) 40 menit
3.  Kelas I s.d II Madrasah Diniyah Wustha (MDW) 45 menit
4.  Kelas I s.d II   Madrasah Diniyah Ulya(MDU) 45 menit
II. Jumlah jam pelajaran per minggu :
1.  Kelas I s.d.IV Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA) minimal 18 jam pelajaran
2.  Kelas I s.d II   Madrasah Diniyah Wustha (MDW) minimal 18 jam pelajaran
3.  Kelas I s.d II   Madrasah Diniyah Ulya(MDU) minimal 18 jam pelajaran
(5) Syarat   yang   harus   dipenuhi   dalam   rangka   pelaksanaan   kurikulum   Diniyah   Takmiliyah
yang efektif dan efisien adalah :
a)   Fleksibilitas program
Fleksibilitas       program      yang      digunakan       dalam      melaksanakan       kurikulum.       Guru
memperhatikan  siswa  (kecerdasan,  kemampuan,  pengetahuan  yang  telah  dikuasai),
metode-metode   mengajar   yang   akan   digunakan   harus   sesuai   dengan   sifat   bahan
pengajaran   dan   kematangan   siswa.   Bahan   pengajaran   juga   harus   sesuai   dengan
kemampuan siswa.
b)     Berorientasi pada tujuan
Dalam   mengorganisir   proses   belajar   mengajar   harus   berorientasi   kepada   tujuan.
Pemilihan       kegiatan-kegiatan         dan      pengalaman        belajar      didasarkan       pada      ilmu
pengetahuan  dan  perkembangan  masyarakat.  Oleh  karena  itu,  sebelum  menentukan
waktu   dan   bahan   pelajaran   terlebih   dahulu   ditetapkan   tujuan-tujuan   yang   harus
dicapai       oleh      siswa      dalam      mempelajari       suatu      mata      pelajaran.       Atas      dasar
pertimbangan  di  atas  maka  waktu  yang  tersedia  di  Diniyah  Takmiliyah  harus  benar-





benar   dimanfaatkan   bagi   pengembangan   kepribadian   anak   sesuai   dengan   tujuan
yang hendak  dicapai oleh Diniyah Takmiliyah.
11


c)     Efektifitas dan efisiensi
Tujuan  utama  menyelenggarakan  Diniyah  Takmiliyah  adalah  untuk  melengkapi  dan
menambah   perolehan   Pendidikan   Agama   Islam   yang   didapat   siswa   pendidikan
umum  yang  hanya  2  jam  pelajaran  perminggu.  Karena  banyaknya  bahan  pelajaran
serta   padatnya   kegiatan   yang   menyita   perhatian,   energi   dan   waktu   siswa,   maka
penyelenggaraan  proses  belajar  mengajar  di  Diniyah  Takmiliyah  harus   diupayakan
seefektif  dan  seefisien  mungkin.  Dalam  menyusun  jadwal  pelajaran  jangan  terlalu
kaku berpegang kepada alokasi waktu dalam susunan program.
d)     Kontinuitas
Dalam   melaksanakan   Kurikulum   Diniyah   Takmiliyah   ini   selalu   diusahakan   adanya
hubungan    hierarki    yang    fungsional,    yang    harus    diterapkan    ketika   menyusun
program-program   pengajaran   di   Diniyah   Takmiliyah   Awaliyah,   Wustha   dan   Ulya.
Misalnya  dalam  satu  mata  pelajaran  aqidah  akhlak  yang  mengandung  pendekatan
spiritual,  perluasan  serta  pengalaman  suatu  pokok  bahasan  dari  tingkat  pendidikan
ke   tingkat    berikutnya   harus    disusun    secara   terencana   dan    sistematis.   Bahan
pengajaran   disusun   untuk   tiap   mata   pelajaran   harus   jelas   hubungannya   antara
pokok   bahasan   yang   diberikan   kepada   semua   tingkatan   (Awaliyah,   Wustha   dan
Ulya).   Para   pelaksana   (terutama   guru)   diharapkan   dalam   memahami   hubungan
fungsional dan hierarkis antara mata pelajaran yang diberikan pada tingkat  Awaliyah,
Wustha dan Ulya.
e)   Pendidikan seumur hidup
Pendidikan   untuk   semua  (education  for  all)   dan   berlangsung   seumur   hidup.   Ini
berarti   bahwa   setiap   manusia   Indonesia   diharapkan   untuk   selalu    berkembang
sepanjang  hidupnya  dan  semua  warga  negara  dapat  belajar  terus  yang  berlangsung
seumur hidup.


Paragraf 3
Pengelolaan Kurikulum Diniyah Takmiliyah
Pasal 15

Pengelolaan  kurikulum  Diniyah  Takmiliyah  menggunakan  prinsip  Kesatuan  dalam  kebijakan  dan
keberagaman  dalam  pelaksanaan.  Kesatuan  dalam  kebijakan  mengandung  arti  bahwa  kurikulum
Diniyah  Takmiliyah  merupakan  kurikulum  yang  dijadikan  acuan  dalam  penyelenggaraan  kegiatan
pembelajaran   Diniyah    Takmiliyah   dan    pencapaian   hasil    belajarnya.   Keberagaman   dalam
pelaksanaan mengandung arti bahwa pelaksanaan kurikulum Diniyah Takmiliyah dapat  dilakukan
dengan  berbagai  cara,  tema,  media  sesuai  dengan  kondisi  daerah  atau  kemampuan  masing-
masing Diniyah Takmiliyah.









12


Bagian Kedua
KOMPETENSI LULUSAN DINIYAH TAKMILIYAH
Paragraf 1
Kompetensi Lulusan Diniyah Takmiliyah Awaliyah
Pasal 16

(1)   Kompetensi Umum lulusan Diniyah Takmiliyah Awaliyah
a. Memiliki sikap sebagai seorang muslim yang bertaqwa dan berakhlak  mulia;
b. Memiliki sikap sebagai warga negara Indonesia yang baik;
c. Memiliki kepribadian yang baik,  percaya pada diri sendiri,  sehat jasmani dan rohani;
d. Memiliki   pengalaman,   pengetahuan,   keterampilan   beribadah   dan   sikap   terpuji   yang   berguna
bagi pengembangan diri dan masyarakat.
(2)   Kompetensi lulusan ini dibagi ke dalam 3 (tiga) bidang,  yaitu :
a.  Kompetensi   lulusan dalam bidang pengetahuan ialah agar siswa:
1.     Memiliki pengetahuan dasar tentang agama Islam;
2.     Memiliki   pengetahuan   dasar   tentang   Bahasa   Arab   sebagai   alat   untuk   memahami
ajaran agama Islam.
b.  Kompetensi   lulusan dalam bidang pengalaman,  ialah agar siswa:
1.    Dapat  mengamalkan ajaran agama Islam;
2.    Dapat  belajar dengan cara yang baik;
3.    Dapat   bekerjasama   dan   dapat   mengambil   bagian   dalam   kegiatan-kegiatan
kemasyarakatan.
c.   Kompetensi   lulusan dalam bidang nilai dan sikap, ialah agar siswa:
1.    Cinta   terhadap   agama   Islam   dan   bertekad   untuk   melakukan   ibadah   shalat   dan
ibadah lainnya;
2.    Berminat  dan bersikap positif terhadap ilmu pengetahuan;
3.    Mematuhi disiplin dan peraturan yang berlaku;
4.    Menghargai   kebudayaan   nasional   dan   kebudayaan   lain   yang   tidak   bertentangan
dengan ajaran agama Islam;
5.    Memiliki    sikap    demokratis   atau     mencintai    sesama    manusia    dan     lingkungan
sekitarnya;
6.    Menghargai setiap pekerjaan dan usaha yang halal;
7.    Menghargai waktu,  hemat  dan produktif.









13


Paragraf 2
Kompetensi Lulusan Diniyah Takmiliyah Wustha
Pasal 17


(1)      Kompetensi Umum Lulusan Diniyah Takmiliyah Wustha
a.  Memiliki sikap sebagai muslim yang bertaqwa dan berakhlak  mulia;
b.  Memiliki sikap sebagai warga Negara Indonesia yang baik;
c.   Memiliki kepribadian yang baik,  percaya pada diri sendiri,  sehat jasmani dan rohani;
d.  Memiliki   pengalaman,   pengetahuan,   keterampilan   beribadah   dan   sikap   terpuji   yang
berguna bagi pengembangan kepribadiannya;
e.  Memiliki   kemampuan   untuk   melaksanakan   tugas   hidupnya   dalam   masyarakat   dan
berbakti kepada Allah SWT  guna mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
(2)      Kompetensi lulusan ini dibagi dalam tiga bidang, yaitu :
a.  Kompetensi   lulusan dalam bidang pengetahuan ialah agar siswa:
1.        Memiliki pengetahuan tentang agama Islam secara lebih luas;
2.        Memiliki  pengetahuan  tentang  Bahasa  Arab  secara  lebih  luas  sebagai  alat  untuk
memahami ajaran agama Islam.
b.  Kompetensi   lulusan dalam bidang pengalaman,  ialah agar siswa:
1.       Dapat  mengamalkan ajaran agama Islam;
2.       Dapat  belajar dengan cara yang baik;
3.       Dapat  bekerjasama dengan orang lain dan dapat mengambil bagian secara aktif dalam kegiatan-
kegiatan di masyarakat;
4.       Dapat  menggunakan Bahasa Arab dan dapat membaca dan memahami kitab berbahasa Arab;
5.       Dapat   memecahkan   masalah   berdasarkan   pengamalan   dan   prinsip-prinsip   ilmu   pengetahuan
yang dikuasai berdasarkan ajaran agama Islam.
c.   Kompetensi   lulusan dalam bidang nilai dan sikap, ialah agar siswa:
1.       Cinta dan taat terhadap agama Islam dan bertekad untuk  menyebarluaskannya;
2.       Menghargai  kebudayaan  nasional  dan  kebudayaan  lain  yang  tidak  bertentangan  dengan  ajaran
agama Islam;
3.       Memiliki   sikap   demokratis,  tenggang    rasa   dan   mencintai   sesama   manusia,   bangsa   serta
lingkungan sekitarnya;
4.       Berminat  dan bersikap positif terhadap ilmu pengetahuan;
5.       Mematuhi disiplin dan peraturan yang berlaku;
6.       Menghargai setiap pekerjaan dan usaha yang halal;
7.       Menghargai waktu,  hemat  dan produktif.







14


Paragraf 2
Kompetensi Lulusan Diniyah Takmiliyah Ulya
Pasal 18


(1)   Kompetensi Umum Lulusan Diniyah Takmiliyah Ulya
a.  Memiliki sikap sebagai seorang muslim yang bertaqwa dan berakhlak  mulia;
b.  Memiliki sikap sebagai warga Negara Indonesia yang baik;
c.   Memiliki kepribadian yang baik,  percaya pada diri sendiri,  sehat jasmani dan rohani;
d.  Memiliki   pengalaman,   pengetahuan,   keterampilan   beribadah   dan   sikap   terpuji   yang
berguna bagi pengembangan kepribadian;
e.  Memiliki   kemampuan   untuk   melaksanakan   tugas   hidupnya   dalam   masyarakat   dan
berbakti kepada Allah SWT  guna mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
(2)   Kompetensi lulusan ini dibagi dalam tiga bidang, yaitu :
a.  Kompetensi   lulusan dalam bidang pengetahuan ialah agar siswa:
1.        Memiliki pengetahuan tentang agama Islam secara lebih luas dan mendalam;
2.        Memiliki   pengetahuan   tentang   Bahasa   Arab   secara   lebih   luas   dan   mendalam
sebagai alat  untuk memahami ajaran agama Islam.
b.  Kompetensi   lulusan dalam bidang pengalaman,  ialah agar siswa:
1.        Dapat  mengamalkan ajaran agama Islam;
2.        Dapat  belajar dengan cara yang baik;
3.        Dapat  bekerjasama  dengan  orang  lain  dan  dapat  mengambil  bagian  secara  aktif
dalam kegiatan-kegiatan di masyarakat;
4.        Dapat  menggunakan  Bahasa  Arab  dengan  baik   serta  dan  dapat  membaca  dan
memahami kitab berbahasa Arab;
5.        Dapat   memecahkan   masalah   berdasarkan   pengamalan   dan   prinsip-prinsip   ilmu
pengetahuan yang telah dikuasai berdasarkan ajaran agama Islam.
c.   Kompetensi   lulusan dalam bidang nilai dan sikap, ialah agar siswa:
1.       Cinta dan taat terhadap agama Islam dan bertekad untuk  menyebarluaskannya;
2.       Menghargai  kebudayaan  nasional  dan  kebudayaan  lain  yang  tidak  bertentangan  dengan  ajaran
agama Islam;
3.       Memiliki   sikap   demokratis,  tenggang    rasa   dan   mencintai   sesama   manusia,   bangsa   serta
lingkungan sekitarnya;
4.       Berminat  dan bersikap positif terhadap ilmu pengetahuan;
5.       Mematuhi disiplin dan peraturan yang berlaku;
6.       Menghargai setiap pekerjaan dan usaha yang halal;
7.       Menghargai waktu,  hemat  dan produktif.







15


Bagian Ketiga
PROSES BELAJAR MENGAJAR DINIYAH TAKMILIYAH
Paragraf 1
Kegiatan Pembelajaran
Pasal 19
Proses   kegiatan   belajar   mengajar   di   Diniyah   Takmiliyah   terbagi   dalam   dua   kegiatan,   yaitu:
intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

1 komentar: